Perawatan Ayam Bangkok Aduan Juara Setiap Hari

Perawatan Ayam Bangkok Aduan Juara Setiap Hari – Sebagai peternak ayam Bangkok aduan profesional tentunya harus menjaga ayam aduan tersebut dengan berbagai perawatan harian. Kesehatan ayam Bangkok aduan menjadi salah satu faktor utama ayam tersebut dapat meraih kemenangan di dalam arena sabung ayam. Ayam Bangkok aduan yang sehat memiliki performa bertarung yang prima dan tenaga yang kuat.

Ayam Bangkok aduan yang siap masuk ke dalam arena sabung ayam sebaiknya kita rawat dengan sebaik mungkin dalam hal memberi pakan. Seekor ayam aduan yang akan masuk ke arena sabung ayam harus di kontrol pakannya dan jangan diberikan sedara berlebihan. Namun jangan sampai ayam Bangkok aduan sampai kelaparan dan jangan terlalu kurus karena kurang bagus untuk berlaga di arena sabung ayam.

Semua itu tergantung dari kita melakukan perawatan ayam Bangkok aduan juara setiap hari. Memang untuk menjadikan ayam petarung yang handal diperlukan perawatan ekstra setiap harinya. Dalam perawatan kita tidak bisa sembarangan karena ada beberapa tahapan perawatan yang harus dilakukan mulai dari pagi hari, siang hari, maupun sore hari.

Perawatan Ayam Bangkok Aduan Juara Setiap Hari

Perawatan Pagi
Begitu ayam Bangkok keluar kandang, langkah pertama adalah melakukan jantur angin. Peternak mulai dengan memegang pangkal ekor dan angkat badan ayam ke atas. Latihan ini dilakukan untuk memperkuat otot kaki, sayap, leher ayam, dan untuk peregangan otot ayam agar tidak kaku. Latihan ini biasanya dilakukan peternak selama lebih kurang 15 menit.

Setelah latihan selesai langkah selanjutnya adalah memandikan ayam Bangkok aduan hingga bersih kemudian dijemur hingga bulu ayam kering keseluruhan. Dalam tahap penjemuran lebih baik dilakukan dari jam 09:00 pagi sampai jam 11:00 siang. Penjermuran tidak boleh terlalu lama jika semua bulunya telah mengering karena dapat menyebabkan kerusakan pada metabolisme tubuh sang ayam Bangkok aduan. Dalam tahap penjemuran dilarang memberi minum agar ayam tidak mengalami penyakit ngorok.

Perawatan Siang
Pada siang hari berilah ayam aduan dengan pakan dan minum secekupnya. Pakan yang diberikan harus mengandung karbohidrat tinggi agar dapat meningkatkan tenaga dan stamina ayam Bangkok anduan.

Perawatan Sore
Pada tahap ini, lakukan perawatan dengan membersihkan tenggorokan ayam sebelum ayam masuk ke kandang. Biasanya perawatan ini dilakukan pada jam 2 sore setelah selesai ayam dimasukan ke kandang untuk istirahat sejenak sebelum melakukan aktifitas sore. Sekitar jam 04.00 sore berikan ayam pakan berupa nasi merah ataupun gabah secukupnya. Selanjutnya dapat melakukan aktifitas sore dengan melakukan sesi latihan lari atau beradu dengan ayam lainnya untuk melatih mental dan otot ayam semakin kuat.

Jangan lupa berikan jamu untuk membantu ayam pada sore hari setelah latihan dan sebelum masukan kembali ke dalam kandang. Dalam hal pemberian ramuan jamu dilakukan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan ayam tersebut. Pemberian ramuan jamu bertujuan untuk meningkatkan stamina bertarung, penambahan tenagam dan membuat nafas ayam aduan menjadi panjang.

Demikian pembahasan mengenai Perawatan Ayam Bangkok Aduan Juara Setiap Hari. Semoga dari pembahasan diatas dapat membantu peternak memilih ayam lokal juara asal Indonesia untuk bersaing di arena sabung ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *