Tips Merawat Ayam Bangkok Usai Bertarung

Tips Merawat Ayam Bangkok Usai Bertarung – Usai bertarung biasanya ayam Bangkok akan mengalami luka, baik itu luka luar maupun luka dalam. Banyak peternak ayam aduan pastinya akan segera mengobati ayam aduannya usai bertarung di arena sabung ayam. Untuk merawat diperlukan perawatan yang khusus dan jeli. Semua itu harus dilakukan dengan serius dan agar ayam aduan cepat sembuh dan dapat beradu kembali. Setelah ayam Bangkok aduan telah kembali pulih sepenuhnya bisa mulai berlatih dan bertarung kembali di arena sabung ayam.

Ada banyak cara merawat ayam bangkok usai bertarung. Akan tetapi, perawatan ayam bangkok juga mudah dan harus dilakukan dengan teliti dan serius. Bagi peternak ayam bangkok aduan pemula anda harus mengetahui cara perawatan dasar usai bertarung di arena. Berikut tips merawat ayam bangkok usai bertarung untuk peternak pemula :

Tips Merawat Ayam Bangkok Usai Bertarung

Perawatan Luka Luar

Untuk merawat ayam bangkok aduan usai bertarung terlebih dahulu bersihkan luka luarnya dengan menggunakan antiseptik seperti Revanol maupun Yodium, obat merah atau Betadine. Jika dara ayam bangkok aduan terus mengalir dari luka, peternak dapat menggunakan bubuk kopi untuk menghentikan pendarahan yang terjadi. Apabila terdapat luka robek akibat terkena pukulan atau taji maka luka tersebut harus segera dijahit.

Jika luka telah dijahit maka segeralah diolesi dengan antibiotik untuk mencegah infeksi dan mempercepat pengeringan luka sobet itu. Oxytetracycline atau Gentamicine antibiotik yang banyak digunakan oleh peternak.

Jika anda ingin menggunakan antibiotik alamia, anda dapat menggunakan kunyit sebagai antibiotik alamia. Kunyit dapat anda parut hingga halus kemudian ditempelkan ke luka memar atau luka kecil. Untuk luka yang cukup parah anda dapat menggunakan kunyit sebanyak 2 kali dalam sehari pagi dan sore.

Perawatan Luka Dalam

Untuk luka dalam antibiotik yang biasa digunakan adalah amoxicillin ditelankan 1 tablet pada ayam aduan dengan tujuan untuk menyembuhkan luka dalam dan dapat membantu mempercepat luka luar. Kunyit, jahe, dan gula merah menjadi obat alami untuk mencegah terjadinya berak encer.

Perawatan Patuh Rusak

Apabila paruh ayam bangkokaduanhoyang maka peternak dapat memasang dan merapikannya kembali. Dengan mengikatkan benang ke jengger ayam dan pastikan sebelumnya anda sudah dibersihkan dan berikan kunyit/salep. Bagaimanapun paruh asli harus dipasangkan kembali, apabila tidak paruh yang baru akan tumbuh tak terarah ataupun cacat.

Perawatan Otot dan Kaki

Usai bertarung otot pada ayam bangkok aduan harus dilemaskan dari otot leher hingga otot kaki. Bagian kaki diutamakan oleh peternak karena jika tidak besok paginya ayam bangkok aduan akan mengalami kaku dan mengalami tedun/turun urat. Oleskan pada paha ayam dan kaki ayam dengan menggunakan GPU dengan campuran parutan jahe, batang sereh untuk melancarkan sirkulasi darah.

Jika ayam bangkok aduan masih tak ingin makan seperti biasanya, maka anda dapat memberikan cairan berupa gula merah, sedikit susu cair, ditambahkan dengan multivitamin. Dengan memberikannya menggunakan spet yang ujungnya disambungkan dengan selang kecil ataupun dengan menggunakan alat suntik yang jarumnya bisa dilepaskan.

Perawatan Mata

Jika mata ayam bangkok terkena taji ataupun pukulan maka anda dapat menggunakan air cabe merah. Seperti yang kita ketahui air cabe memang sangat pedas dan perih namun sangat cepat untuk menyembuhan luka di mata. Ada juga bisa mencampurkan dengan antibiotik Oxytetracycline atau Gentamicine.

Demikian pembahasan Tips Merawat Ayam Bangkok Usai Bertarung. Semoga dari pembahasan diatas dapat membantu peternak memilih ayam lokal juara asal Indonesia untuk bersaing di arena sabung ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *